Berita

BAPPEDA LITBANG TURUT DUKUNG ‘GITAKU PEDULI’ UNTUK‘PELITA RAMADHAN 1442 H

MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda litbang) Kabupaten Banjar yang diwakili langsung oleh Hj Galuh Tantri Narindra, mendapat giliran Senin (19/04/2021) dalam kegiatan Pergi BeLi bagI Takjir (PELITA) dengan rute Jalur Sekumpul – Simpang Tiga Indrasari.

Kegiatan PELITA merupakan salah satu program kegiatan TP PKK yang mengajak SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, untuk memeriahkan sekaligus membantu perekonomian masyarakat dengan membeli makanan-makanan, kue, minuman dan lainnya yang djual masyarakat di Bulan Suci Ramad an 1442 H yang kemudian dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan saat berbuka puasa maupun saat pelaksanaan tadarus al Quran di Bulan Suci Ramadan 1442 H.

Digagas oleh ketua TP PKK Hj Nurgita Tyas yang tak lain adalah istri Bupati Banjar H Saidi Mansyur , kegiatan ini termasuk salah satu program Gerakan Bina Masyarakat Desa Berkualitas Unggul (GITAKU).

Dilepas langsung oleh Bupati Banjar di pelataran Gedung Pendopo Mahligai Sultan Adam Martapura, Dalam sambutannya, Bupati H Saidi Mansyur menyampaikan, pelaksanaan ‘GITAKU’ Peduli melalui kegiatan ‘PELITA’ Ramadhan 1442 H ini merupakan salah satu alternatif terbaik, berinteraksi sekaligus melihat kehidupan serta mendengarkan aspirasi masyarakat Kabupaten Banjar.

“H Saidi Mansyur mengharapkan agar  SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar maupun lainnya, bersinergi dan bergotong-royong dalam memulihkan perekonomian masyarakat Kabupaten Banjar. Termasuk dengan turut menyukseskan pelaksanaan GITAKU Peduli melalui kegiatan PELITA Ramadan 1442 H.

Sementara itu, Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas yang juga Ketua Pelaksana PELITA Ramadan 1442 H menyampaikan, hingga tiga hari per tiga kali pelaksanan GITAKU Peduli melalui kegiatan PELITA Ramadhan 1442 H sudah terkumpul dana dari patungan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar sekitar Rp9.060.000 dan siap untuk dibelanjakan produk-produk dagangan masyarakat.

Ditambahkan Nurgita Tyas bahan pangan yang dibeli dari dana hasil patungan, nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan saat berbuka puasa maupun dibagikan ke mushala maupun masjid yang melaksanakan tadarusan di Bulan Suci Ramadhan.

“Dengan pelaksanaan GITAKU Peduli melalui kegiatan PELITA Ramadan 1442 H yang disukseskan oleh SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar maupun pihak lainnya. Insya Allah kegiatan ini akan menstimulasi serta memotivasi masyarakat untuk terus berusaha, walaupun menjalani Ibadah Bulan Suci Ramadhan 1442 H di tengah masa pandemi Covid 19 saat ini,” pungkas Hj Nurgita Tiyas. (ADB/Bappeda Litbang)