BeritaBidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia

PENANDATANGANAN KOMITMEN STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN

MARTAPURA – Disaksikan Kepala Bappeda Litbang Banjar Hj Galuh Tantri Narindra, Kabid sosobud dan SDM Anna Rosida Santi serta perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Senin (26/04/2021) dilakukan penandatangan surat komitmen percepatan pelaksanaan stop buang air besar sembarangan menuju desa ODF (Open Defecation Free) bertempat di aula Baiman Martapura.

Acara ini dihadiri oleh SKPD terkait serta perwakilan Kepala desa  dari desa yang capaiannya  sudah diatas 80% untuk menuju 100%.

Dikatakan Tantri, kegiatan merupakan salah satu upaya dalam pencegahan stunting dan memenuhi prasyarat Kabupaten Kota Sehat.

Dijelaskannya kegiatan Stop Buang Air Besar Sembarangan ini  adalah sejalan dengan inovasi pemerintah Kabupaten Banjar yaitu Gebrak’s yang dulu diinisiatorinya saat bertugas di Dinas PUPR.

“Ini sebagai momen untuk masyarakat agar mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan,” ujarnya.

“Perubahan perilaku masyarakat ini harus terus disosialisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi ini harus dididik sejak usia dini  sehingga dibutuhkan peran Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas untuk menyukseskan gerakan stop buang air besar sembarangan,”pinta Tantri.

Ditambahkan Anna selaku Kabid Sosbud dan SDM, bahwa saat ini sudah ada 95 desa yang capaiannya 80% bahkan lebih akan tetapi masih banyak juga desa dengan kategori desa ODF.  

“Dengan itu mengharapkan ke depan bisa berkurang dan mempunyai jamban di setiap rumahnya. Semua ini perlu dukungan dari masyarakat, pemerintah lokal dan pemerintah Kabupaten,” pungkasnya.(ADB/Bappeda Litbang)