BeritaBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

TINGKATKAN LAYANAN BAGI PENDERITA DIABETES, UPT PUSKESMAS GAMBUT BERINOVASI LAGI DENGAN LABU MANIS

LABINOV – Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit tidak menular yang umum dikenal sebagai kencing manis penyakit ini ditandai dengan hiperglikemia (peningkatan kadar gula darah) yang terus menerus dan bervariasi, terutama setelah makan. Diabetes Mellitus merupakan keadaan hiperglikemia disertai berbagai kelainan metabolic akibat gangguan hormonal. Gejala khas Diabetes Mellitus berupa, pliura, polydipsia, lemas, dan berat badan turun (Meskipun nafsu makan meningkat) dan glukosuria. Gejala yang munkin dikemukakan pasien adalah kesemutan, gatal dan mata kabur.

Apabila penyakit ini dibiarkan tak terkendali maka akan mengakibatkan gangguan pembuluh darah otak (stroke), pembuluh darah mata (gangguan penglihatan), pembuluh darah jantung (penyakit jantung coroner), pembuluh darah ginjal (gagal ginjal), pembuluh darah kaki (luka yang sukar sembuh/gangren).

Dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan pada penderita Diabetes Mellitus maka dibuatlah satu kegiatan inovasi yaitu Lakukan Gerak Tubuh Cegah Kencing Manis atau yang selanjutnya disingkat menjadi “LABU MANIS” yang diinovatori oleh tenaga kesehatan UPT Puskesmas Gambut Kurniawati Nuur Indah Sari.

Melalui wawancara LABINOV Kurniawati menjelaskan manfaat inovasinya yaitu diharapkan dapat menyadarkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh sejak  dini.

“inovasi ini bertuan untuk mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam mengendalikan Penyakit Diabetes Mellitus (DM) serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya, penyebab dan ciri-ciri penyakit tersebut sejak dini.” ungkapnya.

“Diharapkan nantinya Diabetes Mellitus dapat terdeteksi secara dini dan faktor risiko Diabetes Mellitus dapat diatasi,” pungkas kurniawati kepada LABINOV.(ADB/Bappeda Litbang)