BeritaBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

INOVASI ‘IWAK PAIS’, KENALKAN PENYAKIT HEPATITIS B PADA MASYARAKAT

LABINOV – Hepatitis B adalah penyakit menular dalam bentuk peradangan hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B. Hepatitis B merupakan penyakit infeksi yang berbahaya dan sering tidak terdeteksi karena pada beberapa kasus penderita tidak menunjukan atau merasakan gejala, oleh karena itu memerlukan pendeteksian secara dini terutama pada ibu hamil.

Pemerintah  mempunyai  tanggung  jawab  untuk  menjamin  setiap  warga  negara  memperoleh  pelayanan  kesehatan  yang berkualitas  sesuai  dengan  kebutuhan  masyarakat.  Sebagai  suatu  kebutuhan  dasar,  setiap  individu  bertanggung  jawab  untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya.

Menurut Permenkes No 53 Tahun 2015 tentang penanggulangan Hepatitis Virus, pemerintah membuat strategi penanggulangan hepatitis virus, dengan pencegahan melalui Promosi Kesehatan dan Peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat melalui Hari Hepatitis Sedunia, Deteksi Dini dan Penemuan Kasus Hepatitis B pada Ibu Hamil dan Tenaga Kesehatan.

Oleh karena itu Puskesmas Gambut berupaya dengan melakukan inovasi dengan berperan aktif mengenalkan penyakit Hepatitis B terutama pada Ibu Hamil, inovasi tersebut bernama “IWAK PAIS” yaitu singkatan dari Ini Waktunya Pencegahan Hepatitis yang digagas oleh Isna Riana selaku inovatornya.

Dari keterangannya kepada LABINOV, Isna menjelaskan secara singkat bahwa kegiatan inovasi ini dilakukan dengan pemeriksaan, penyuluhan, dan konseling. Dengan harapan terputusnya penularan Hepatitis  B  dari  ibu  hamil  ke  anak,  menurunnya  angka  kesakitan,  kecatatan  dan  kematian  akibat  Hepatitis  B  pada  ibu dan anak.

“Untuk manfaatnya inovasi ini diharapkan mendeteksi sedini mungkin penderita Hepatitis B pada Ibu Hamil dan meningkatkan Kesehatan Masyarakat terutama Ibu Hamil dan mencegah penularan dari Ibu ke Bayi,” ujarnya.

Sementara itu saat ditanyakan mengenai tujuannya, Isna kembali menjelaskan bahwa inovasi bertujuan agar terlaksananya kegiatan deteksi dini pada Ibu Hamil di Puskesmas Gambut dan di kelas Ibu Hamil serta melalui program inovasi IWAK PAIS diharapkan dapat terdeteksi sedini mungkin penderita Hepatitis pada Ibu Hamil dan memberikan pengetahuan tentang penyakit Hepatitis B pada ibu hamil. “Kita inginkan kedepannya dapat memutus penularan Hepatitis B dari Ibu Hamil ke Anak, menurunnya angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat Hepatitis B pada Ibu dan Anak. (ADB/Bappeda Litbang)