BeritaBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

PUNCAK HARI JADI KE-71, PEMKAB BANJAR SERAHKAN PENGHARGAAN LOMBA INOVASI DAERAH

MARTAPURA – Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (BappedaLitbang ), Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar penyerahan penghargaan atas lomba Inovasi Banjar Award (IBA) Tahun 2021. Kegiatan tersebut sekaligus bertepatan dengan puncak Hari Jadi Kabupaten Banjar ke- 71 di aula Baiman lantai III Bappeda Litbang Martapura.

Disampaikan Kepala Bappeda Litbang Hj Galuh Tantri Narindra dalam sambutannya kepada peserta mengatakan bahwa Kabupaten Banjar berinovadi melqui Inovasi Banjar Award atau IBA untuk mendorong semua pihak baik SKPD, Kecamatan, Kelurahan atau Desa, UPT Puskesmas dan kedepannya melibatkan masyarakat untuk berinovasi sehingga dengan inovasi, birokrasi pelayanan dapat disederhanalan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Perlu diketahui pada kegiatan IBA ini 3 SKPD mendapat predikat dengan kategori inovasi terbanyak yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi, Informatika. Statistik dan Persandian serta Bappeda Litbang. Sedangkan untuk UPT Puskesmas dengan kategori inovasi terbanyak diantaranya Puskesmas Gambut, Puskesmas Pengan, dan Puskesmas Simpang Empat 2 dan masing-masing SKPD, UPT Puskesmas tersebut akan menerima uang pembinaan inovasi yang akan ditambahkan di DPA.
Penghargaan ini juga diberikan kepada Inovator pemenang dan instansi kerjanya, khusus untuk inovator akan diberikan penambahan tunjangan TPP sebesar 30%.

Seperti yang disampaikan oleh Tantri, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Bupati Banjar H Saidi Mansyur atas kinerja seluruh instansi dalam membuat inovasi terbaik sehingga nantinya akan diikut sertakan dalam lomba yang berskala nasional yaitu Innovative Goverment Award (IGA) yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri RI.

“Selamat buat para pemenang, hasilkan inovasi berikutnya sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Para pemenang tersebut berhasil mengalahkan 158 inovasi-inovasi lainnya dan tentunya akan membawa harum daerah untuk kompetisi selanjutnya ditingkat nasional,” ucap tantri.

Sementara itu C Kristianto selalu perwakilan tim juri menjelaskan, bahwa proses penjurian melibatkan beberapa pihak diantaranya BKDSDM, Bagian Organisasi, Bappeda Litbang serta instansi tempatnya bekerja yaiatu Dinas Kominfo, Satistik dan Persandian.

“Pemilihan pemenang sudah berdasarkan nilai yang diberikan dari segi manfaat, fungsi dan kemudahan serta output inovasi terhadap pengguna, jadi nilai yang diberikan benar-objektif sehingga dapat ditentukan pemenangnya,” pungkasnya

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian H Aidil Basith, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Azwar, Dinas Kesehatan H Diauddin, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bagian Organisasi Anang Said, UPT Puskesmas Martapura 1, UPT Puskesmas Martapura 2, UPT Puskesmas Gambut, UPT Puskesmas Pengaron, dan UPT Puskesmas Simpang Empat 2, dan tim juri yang diwakili C Kristianto. (ADB/Bappeda Litbang)