BeritaBidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia

CEK KESIAPAN PEMBENTUKAN SMART KAMPUNG MANIS, BAPPEDA GELAR RAPAT KOORDINASI

MARTAPURA – Untuk mensinergikan  dan melihat sejauh mana progres persiapan pembentukan Smart Kampung Manis yaitu sebuah program pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK yang bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat desa Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Banjar melalui bidang Sosbud dan SDM dipimpin Anna Rosida Santi mewakili kepala badan, menggelar rapat koordinasi Senin (2/8/2021),  di aula Bauntung Martapura.

Rapat dihadiri  Bagian Pemerintahan Setda Banjar, Diskominfo, Disdukcapil, DPMD, TA Desa, serta 5 desa dan 1 kelurahan  sebagai pilot project smart Kampung Manis.

Anna menyampaikan Smart Kampung Manis bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat memenuhi pelayanan dasar dan memangkas birokrasi agar dapat diproses dengan cepat di desa yang menjadi pilot project pelaksanaaan kegiatan.

“Dalam rapat ini kita ingin mengetahui sampai dimana sudah progres kegiatan dalam rangka persiapan pembentukan pilot project  yang akan dilaksanakan di 5 desa dan 1 kelurahan di Kabupaten Banjar serta mendengarkan penyampaian masukan serta kendala dari berbagai SKPD ,” jelasnya.

Smart Kampung Manis merupakan sebuah inovasi yang diinisiasi Bupati Banjar H Saidi Mansyur guna membangun, memberdayakan dan mencerdaskan desa menjadi smart kampung sehingga penerapan TIK dalam smart kampung manis diharapkan TIK menjadi akses pelayanan yang cepat bagi masyarakat Kabupaten Banjar.(ADB/Bappeda Litbang)