BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

BAPPEDALITBANG BANJAR SUSUN ASB DAN HSPK

Martapura (27/04/2022) Analisis Standar Belanja (ASB) merupakan penilaian kewajaran atas beban kerja dan biaya yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan. Sedangkan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) merupakan harga komponen kegiatan fisik/non fisik melalui analisis yang distandarkan untuk setiap jenis komponen kegiatan dengan menggunakan SSH sebagai elemen penyusunnya.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kab. Banjar bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan FGD (focus group discussion) Penyusunan ASB dan HSPK. Acara dipimpin langsung oleh Nashrullah Sadiq selaku Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi dengan Tim Penyusun Husnul Khatimi dkk bertempat di Aula Bappedalitbang Lantai III.

Kondisi ASB dan HSPK pada tahun 2022 masih sangat beragam sesuai kebutuhan OPD dan penulisan kode barang dan kelompok belum sinkron. Sedangkan untuk tahun 2023 diharapkan penataannya menjadi lebih baik sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 050-5889 tahun 2021 tentang hasil verifikasi, validasi dan inventarisasi, kodefikasi dan nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Mengingat pentingnya kegiatan ini sebagai panduan dalam penyusunan rencana kegiatan anggaran tahun 2023 yang direncanakan penginputan Rancangan Awal Renja Tahun 2023 pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada minggu ketiga bulan Mei tahun 2022 maka diharapkan kepada SKPD untuk memberikan bahan tanggapan dalam penyusunan ASB dan HSPK kepada tim penyusun setelah libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri.

Turut hadir Bappedalitbang Kab. Banjar, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kab. Banjar, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Banjar, Dinas Kesehatan Kab. Banjar, Dinas Pertanian Kab. Banjar, Dinas Pendidikan Kab. Banjar, Dinas Sosial P3AP2KB Kab. Banjar, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kab.Banjar. (TK.Bappedalitbang)