BeritaBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

SIAPKAN IBU HAMIL AGAR BERSALIN NORMAL DENGAN SIBUNGAS

MARTAPURA – “SI BUNGAS” tentunya melekat dalam pikiran orang Banjar adalah orang yang cantik, tampan. Akan tetapi hal ini cukup berbeda karena SI BUNGAS adalah singkatan dari SIAPKAN IBU BERSALIN NORMAL DENGAN SENAM sebuah inovasi yang di inovatori oleh Maulida dari UPT Puskesmas Martapura 1 Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Diera globalisasi sekarang ini, gadget menjadi andalan untuk berkomunikasi baik komunikasi langsung maupun komunikasi tidak langsung. Banyak media sosial yang menjadi hits di semua kalangan baik kaum muda, tua, pria, wanita bahkan anak-anak pun sering menggunakannya. Beberapa di antaranya adalah whatsapp, instagram, dan youtube. Banyak informasi kesehatan yang dapat ditemukan di media sosial sehingga dengan mudah masyarakat kita dapat memperolehnya. Namun, belakangan di media sosial juga sering beredar berita dan info kebohongan atau yg lebih tren dikenal dengan ‘hoax’. Ini yang sangat kita hindari. Begitu terpengaruhnya masyarakat kita dengan media sosial, maka cerdas lah dalam menggunakan media sosial.

Salah satu info kesehatan yang sangat populer adalah senam hamil. Senam hamil sangat banyak manfaatnya antara lain, merilekskan badan, melenturkan otot-otot yang kaku, melenturkan otot dan rongga panggul sehingga kepala bayi mudah untuk masuk ke pintu panggul, membuat tidur menjadi lebih nyaman, badan menjadi sehat, hati menjadi senang. Di wilayah kerja saya yaitu Kelurahan Jawa yang wilayahnya berada di tengah kota Martapura, gadget dan media sosial bukan hal yang aneh. Sebagian besar masyarakatnya menggunakan media sosial.

Melihat hal tersebut membuat Maulida, sebagai inovator utnuk  membagikan info kesehatan khususnya pada ibu hamil yang sedang mempersiapkan kelahiran para generasi unggul. Para ibu hamil di Kelurahan Jawa sangat kooperatif, sangat antusias dalam mengikuti kelas hamil. Apalagi di saat pertemuan kelas hamil yang diisi dengan senam hamil. Mereka sangat bersemangat. Bahkan banyak yang sering mengikuti kegiatan senam hamil di Bidan Praktek Mandiri dan Rumah Sakit Swasta dengan jumlah biaya tertentu tiap pertemuannya.

“Dari sinilah saya terinspirasi untuk membuat video senam hamil kemudian saya masukkan dalam konten youtube dengan 2 nama channel ‘MAULIDA HASAN’ agar para ibu hamil dapat kapan saja meniru senam hamil tsb tanpa dikenai biaya besar tiap senam. Mereka tinggal buka akun youtube saya atau simpan video tsb sehingga dapat melakukan senam hamil di rumah,” ujar Maulida.

Dijelaskannya inovasi yang telah diterapkan sejak 14 januari 2020 ini, bertujuan untuk meningkatkan angka cakupan persalinan normal karena dengan senam hamil dapat membantu mempermudah persalinan, memberikan edukasi dan pemahaman kepada ibu hamil tentang senam hamil praktis dan sederhana, memberikan kemudahan ibu hamil dalam mempraktikkan senam hamil di rumah tanpa mengeluarkan biaya dan bepergian ke luar rumah, mehjalin keakraban antara bidan dengan ibu hamil serta membuat ibu hamil menjadi sehat dan bahagia.

” Inovasi ini mengajarkan senam hamil kepada ibu ibu yg sedang hamil (kecuali ibu hamil yang dinyatakan berisiko). Ada beberapa gerakan yang dilakukan dalam senam ini, antara lain: gerakan mengatur pernafasan, gerakan anti sungsang, dan gerakan anti robekan perineum saat proses persalinan. Sejak kegiatan senam hamil ini terlaksana, ibu ibu hamil sangat terbantu. mereka tidak lagi mengeluarkan sejumlah uang untuk mengikuti kelas hamil di sanggar senam hamil. Mereka bisa melakukannya di rumah dengan bantuan benda-benda di sekitar dan suami atau anggota keluarga lainnya. Banyak ibu hamil yang melahirkan normal tanpa robekan karena mereka paham cara mengedan yang baik. Banyak pula dari mereka yang awalnya disarankan melahirkan dengan operasi karena panggul sempit, justru bisa melahirkan normal di fasilitas kesehatan terdekat. Semoga inovasi ini dapat makin berkembang dan membantu masyarakat” jelasnya lagi.

“ini sangat membantu ibu hamil dalam melakukan aktifitas senam hamil. Melakukan senam hamil yang teratur sesuai petunjuk pada saat hamil dapat menjadikan otot dan badan menjadi lentur, sehingga kepala janinakan lebih mudah menuju dan masuk ke pinti panggul, peredaran darah menjadi lancar sehingga kontraksi menjadi kuat pada saat proses persalinan” pungkasnya. (Bappedalitbang)