BeritaBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

AGAR BELAJAR MENYENANGKAN, RSUD RATU ZALECHA BERINOVASI DENGAN “BELAJAR MANIS”

MARTAPURA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha merupakan salah satu Rumah Sakit yang dijadikan lahan praktik dan penelitian oleh mahasiswa dari institusi pendidikan, dan juga dijadikan sebagai tempat untuk pembelajaran, studi banding dan magang.

Beberapa tahun terakhir RSUD Ratu Zalecha menjadi rumah sakit rujukan dari berbagai instansi lain baik dalam bidang pelayanan maupun manajemen.

Untuk menerapkan prinsip Good Governance dan meningkatkan pelayanan dan kesan yang lebih baik terhadap para peserta yang belajar di RSUD Ratu Zalecha, RSUD Ratu Zalecha berinovasi terkait proses pembelajarannya.

Diinisatori oleh  Hj Erni Hastati, SKM, MM inovasi ini bernama “BELAJAR MANIS” sesuai singkatannya MANIS yaitu Menyenangkan, Aspiratif, Nyaman, Inovatif dan Seru.

Menyenangkan: Proses pembelajaran yang menyenangkan dengan orang-orang yang ramah,  Aspiratif: Membagikan Google Form kepada peserta pembelajaran guna mengetahui kesan dan pesan dari peserta selama proses pembelajaran di RSUD Ratu Zalecha. Hal ini berguna untuk memberikan saran dan masukan guna evaluasi tim untuk selalu memperbaiki pelayanan,  Nyaman: Fasilitas ruangan dan tempat praktik yang memadai, Inovatif: Menyediakan aplikasi digital seperti Perpustakaan Online, menyediakan aplikasi promosi dan pendaftaran online. Serta serta Seru: Pemberian reward kepada peserta terbaik dan terkreatif. Serta Untuk beberapa kegiatan terutama para peserta dari luar Kabupaten Banjar, akan kami berikan rujukan destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Kabupaten Banjar.” Jelas Erni kepada jurnalis Bappedalitbang.

Menurut Erni dengan kreatifitas dan kekompakan semua SDM yang terlibat maka akan didapatkan hasil Inovasi yang sesuai harapan sehingga bisa menambah pendapatan Rumah Sakit selain pelayanan kepada pasien yang sakit.

Sasaran inovasi ini adalah bagi seluruh Peserta Pembelajaran, Penelitian, Studi Banding, Praktik, Magang di RSUD Ratu Zalecha, sedangkan manfaat yang diharapkan guna mempermudah dalam proses pendaftaran dan pembelajaran di RSUD Ratu Zalecha serta menarik lebih banyak calon peserta pembelajaran dari Instansi lain.

Untuk mewujudkan tujuan yang ditetapkan, beberapa tahapan kegiatan dilakukan diantaranya melakukan kerjasama dengan beberapa institusi Pendidikan untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi di RSUD Ratu Zalecha, kemudian melakukan promosi baik secara Digital maupun dari Mulut ke Mulut tentang RSUD Ratu Zalecha dan terus menerus melakukan inovasi bersama tim pembelajaran agar berkesan baik. (Bappedalitbang)