BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

FGD PEMUTAKHIRAN DATA PERENCANAAN PEMBANGUNAN TRIWULAN III

Martapura – Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ialah Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang dihasilkan dari suatu wilayah domestik yang timbul akibat aktivitas ekonomi pada periode tertentu tanpa melihat apakah faktor faktor produksi dimiliki residen atau non residen. Data statistik yang diperlukan untuk kegiatan perencanaan ekonomi makro adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), sehingga data tersebut bisa menentukan strategi dan kebijakan pembangunan perekonomian yang telah diambil dapat dilanjutkan pada masa yang  akandatang. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) didefinisikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam satu wilayah, atau merupakan jumlah seluruh nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha. PDRB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung dengan menggunakan harga pada setiap tahun (harga yang mengalami perubahan sesuai dengan ekonomi yang terjadi), sedangkan PDRB atas dasar harga konstan menunjukan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung dan menggunakan harga pada tahun tertentu sebagai dasar.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan melalui Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Nashrullah Sadiq membuka kegiatan “Focus Group Discussion (FGD) Pemutakhiran  Data  Perencanaan  Pembangunan dengan melaksanakan ekspose hasil sementara pada posisi triwulan III dengan materi Pemaparan PDRB Triwulan III” yang dilaksanakan di Aula Bauntung Bappedalitbang Lantai III dengan didampingi Kasubbid Data dan Informasi Diah Ayu Yulianawati.

Turut hadir pada kegiatan ini diantaranya Kabid, Kasubbid Bappedalitbang beserta staf Bappedalitbang Kabupaten Banjar.

Kegiatan yang ini berlangsung  selama 2 (dua) hari Rabu – Kamis, 16 – 17 Nopember 2022 dengan menghadirkan narasumber Monica Reina Listya dari BPS Kab Banjar serta Tita Rosy dari BPS Propinsi Kalsel.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan berupa pemutakhiran  Data  Perencanaan  Pembangunan tentang perencanaan ekonomi yang khususnya pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2022 nantinya (TK/Bappedalitbang)