BeritaSekretariat

BAPPPEDALITBANG IKUTI BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI KEUANGAN DAERAH FMIS TA 2023

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melalui Sub Bagian Perencanaan dan Sub Bagian Keuangan dan Aset mengikuti Bimbingan Teknis Aplikasi Keuangan Daerah Financial Management Information System (FMIS) untuk Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan oleh BPKPAD (Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah) Kabupaten Banjar pada Selasa (06/12/2022) bertempat di Efa Hotel Kec. Kertak Hanyar. Acara diikuti oleh seluruh Kasubbag Perencanaan/Kasubbag Perencanaan, Keuangan dan Aset,  Kasubbag Keuangan dan Aset, Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Penerimaan seluruh Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Banjar, acara dibuka secara resmi oleh Kepala BPKPAD Kabupaten Banjar Bapak Drs. Achmad Zulyadaini, M.Si.

Bimbingan Teknis ini dilaksanakan dalam 2 kelas yang diikuti oleh Kasubbag Perencanaan dan Bendahara Pengeluaran dengan materi pengenalan dan simulasi Aplikasi F-MIS untuk Penganggaran, Penatausahaan, dan Pelaporan yang disampaikan oleh Narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan di kelas lainnya diikuti oleh Kasubbag Keuangan dan Aset dengan materi langkah-langkah penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2022 dan penjelasan pengisian kertas kerja laporan keuangan tahun anggaran 2022 yang disampaikan oleh narasumber dari Bidang Akuntansi dan Pelaporan BPKPAD Kabupaten Banjar.

Financial Management Information System (FMIS) merupakan aplikasi berbasis web pengembangan aplikasi SIMDA berbasis desktop yang sudah dibangun sejak 2003. FMIS dikembangkan guna mendorong penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan daerah yang baik melalui pemanfaatan teknologi informasi. Diharapkan melalui Bimbingan Teknis ini para peserta dari seluruh perangkat daerah dapat memahami Aplikasi FMIS yang nantinya kan diimplementasikan untuk Tahun Anggaran 2023. (Bappedalitbang)