Informasi InovasiUPT. PUSKESMAS

KAMPUNG PEPUYU BANJAR

Pembangunan dari sektor perikanan dapat menjadi pembangunan ekonomi yang inklusif, mampu berperan dalam pemulihan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan dan dapat mengentasan kemiskinan maupun percepatan penanganan stunting di Kabupaten Banjar.

Dengan potensi Kabupaten Banjar menjadi salah daerah produsen perikanan, pemanfaatan lahan budidaya ikan belum optimal, pemanfaatan lahan baru 24% dari potensi lahan serta luas lahan yang dimanfaatkan, sebagian besar merupakan tambak tradisional.  Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menciptakan inovasi “Kampung Pepuyu Banjar”.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatnya produksi perikanan budidaya dengan tingkat pertumbuhan 2,5 – 5 persen per tahun, meningkatnya pemenuhan kebutuhan konsumsi ikan local dan menurunkan angka inflasi.

Selain itu inovasi tersebut diharapkan dapat menghasilkan pengembangan Infrastruktur pendukung, pengembangan Perbenihan, Induk, dan Kesehatan Ikan, pengelolaan dan Pendayagunaan Sentra Pengolahan Ikan Papuyu, rehabilitasi saluran kolam dan saluran air serta peningkatan inovasi, adopsi dan teknologi untuk peningkatan produksi dan produktivitas