BeritaBidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia

VERIFIKASI AWAL DOKUMEN KKS 2023

Martapura – Kegiatan verifikasi awal Dokumen Kabupaten/Kota sehat tahun 2023 oleh tim pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan pada kamis (19/01/2023) pagi. Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM) Dedi Nurmadi, S.IP dihadiri juga oleh beberapa OPD terkait dan Forum Kabupaten Sehat (FKS). Dalam paparannya beliau menyampaikan kepada semua OPD terkait untuk mengupayakan dan mempersiapkan semua indikator-indikator penilaian yang akan di laksanakan  pada bulan Maret Tahun 2023.

Dokumen Kabupaten Sehat Kabupaten Banjar disusun sesuai dengan format yang telah ditentukan dan data yang disusun sudah berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan selama tahun 2021-2022. Perwakilan Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Kalimantan Selatan menilai bahwa dokumen yang telah disusun dan dikumpulkan sudah sangat baik, meskipun ada beberapa hal yang harus dilengkapi terutama pada narasi dokumen dan penilaian mandiri. Selain itu Kabupaten Banjar juga masih terkendala dalam capaian ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan yang menjadi syarat wajib untuk mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat di Tingkat Pusat. Syarat yang ditentukan oleh Pusat adalah 80% untuk penghargaan terendah yaitu Padapa, sementara capaian dari Kabupaten Banjar masih berada diangka 43%.

Agar Capaian ODF Kabupaten Banjar dapat meningkat diharapkan semua OPD terkait mampu berkolaborasi untuk mengintervensi desa-desa yang capaian ODF-nya masih belum 100% dengan menggunakan berbagai macam cara. Untuk Dokumen KKS akan terus dilengkapi hingga semua indikator dapat terisi dan memenuhi syarat untuk dinilai di tingat pusat. (Bappedalitbang)