BeritaSekretariat

BAPPEDALITBANG IKUTI COFFE TALK KONSULTASI PENINGKATAN KUALITAS SPIP TERINTEGRASI TAHUN 2023

Banjarbaru – Bappedalitbang mengikuti Coffe Talk Konsultasi Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2023 yang digelar oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan pada Selasa (7/2/2023) di Ruang Rapat Barito. Kegiatan ini diikuti oleh Kasubbag Perencanaan BappedaLitbang bersama Inspektur Daerah Kabupaten Banjar, Sekretaris Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Daerah Kabupaten Banjar, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Kepala Bidang Anggaran BPKPAD, Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar guna membahas Manajemen Risiko Indeks (MRI) Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar, Pengelolaan Keuangan Daerah dan Desa bersama Tim Konsultan Pemangku BPKP Kalsel.

Coffe Talk tersebut mengangkat beberapa hal mengenai; Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja, Kondisi Manajemen Risiko, Area of Improvement (AO), Indeks Efektivitas Pencegahan Korupsi (IEPK), Inflasi, APBD, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, SPIP, serta katalog layanan BPKP Kalsel. pada kesempatan ini dijelaskan terkait SPIP terintegrasi yang merupakan tata Kelola organisasi dan mekanisme kerja sebagai pertimbangan dalam menentukan Langkah-langkah mitigasi risiko. dimana manajemen risiko diperlukan untuk memitigasi adanya risiko-risiko strategis yang berpotensi menghambat pencapaian tujuan organisasi. Risiko-risiko ini perlu diidetifikasi, dianalisis dan ditangani agar gangguan terhadap pencapain tujuan organisasi dapat diminimalkan.

Kegiatan konsultasi yang difasilitasi oleh BPKP Kalsel ini sangat diapresiasi oleh Bappedalitbang guna bersinergi dan berkolaborasi dengan BPKP serta seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Banjar untuk membangun SPIP Terintegrasi yang lebih berkualitas di Tahun 2023. (Bappedalitbang)