BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

2024 MERUPAKAN MOMENTUM BAGI PEMKAB BANJAR UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN

“Tahun 2024 merupakan momentum bagi Pemkab Banjar untuk mengejar ketertinggalan dari terhambatnya sektor ekonomi dan sektor lainnya akibat dampak pandemi COVID-19 serta dampak krisis ekonomi global.”

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka secara simbolis kegiatan  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Banjar Tahun 2024 yang digelar di Ballrom Hortensia Hotel Rodhita, Banjarbaru Selasa (21/3/2023) Pagi.

Mengambil tema “Peningkatan Ekonomi Kerakyatan yang Tangguh, Mandiri dan Berdaya Saing”, pembukaan Musrenbang yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banjar ini dihadiri Waki Bupati Banjar, perangkat SKPD, anggota DPRD, Forkompimda, Organisasi Kemasyarakatan, Akademisi, pelaku dunia usaha, BUMD , Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam konteks kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2024, Bupati Banjar mengajak untuk mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kabupaten Banjar.

Dikatakan Saidi bahwa ada lima hal yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan program adalah meningkatkan pembangunan ekonomi inklusif yang mampu mendorong pada pertumbuhan ekonomi makro dan kesejahteraan masyarakat.

”Serta meningkatkan pembangunan infrastuktur dan kewilayahan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonom. Pemenuhan pelayanan dasar dan pengelolaan lingkungan hidup serta penguatan karakter agamis dan kehidupan masyarakat yang demokratis,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar HM Riza Dauly dalam laporannya turut menyampaikan  bahwa tujuan acara Musrenbang ini untuk meminta masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan RKPD Kabupaten Banjar melalui penyepakatan-penyepakatan terkait dengan sasaran prioritas rencana program kegiatan yang disertai dengan indikator target-target kinerja dan keperluan pendanaan dalam rancangan RKPD Kabupaten Banjar tahun 2024.

“Adapun usulan dari berbagai desa yang diterima pihaknya ada sebanyak 2.985. Usulan. Usulan tersebut akan menjadi salah satu bahan pemilihan lokasi bagi SKPD yang akan melaksanakan programnya.” Ungkap Riza

Dari usulan tersebut lanjut Riza, banyak mengusulkan tentang perbaikan jalan. Adanya jalan diharapkan dapat menekan biaya produksi, sehingga keuntungan yang dirasakan oleh masyarakat dalam berbisnis atau pelaku usaha bisa lebih optimal.

Dikesempatan tersebut dilakukan penyerahan buku Profil Pencapaian Pembangunan 2022 dan Penganugerahan Penilaian Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah 2022 kategori badan atau dinas diantaranya Bappedalitbang, Disdukcapil Inspektorat, BPKPAD, Disnakertrans. Sedangkan untuk kategori kecamatan diantaranya Tatah Makmur, Beruntung Baru, Astambul, Martapura. (Bappedalitbang)