BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

BERSAMA SKPD BAPPEDALITBANG LAKSANAKAN PEMBAHASAN EKSPOSE AKHIR RPJPD

Martapura – Berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2022 tentang pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2023 yang menyatakan pemerintah daerah diminta untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 pada Tahun 2023. Evaluasi RPJPD Kabupaten Banjar Tahun 2005-2025 dilakukan untuk mengetahui capaian kinerja pembangunan jangka panjang. Dan, hasil evaluasi RPJPD Kab Banjar tahun 2005-2025 digunakan sebagai bahan penyusunan RPJPD periode berikutnya.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan melaksanakan Ekspose Akhir Hasil Evaluasi RPJPD Kabupaten Banjar tahun 2005-2025 yang dipimpin oleh Kabid Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Nashrullah Shadiq pada Kamis (15/06/2023) siang yang bertempat di Aula Bauntung Bappedalitbang lantai III yang dihadiri seluruh Kabid dan Kasubbid Bappedalitbang yang hadir secara langsung serta dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting yang dihadiri oleh Seluruh Kepala atau perwakilan SKPD Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini merupakan tahapan akhir dari ekspose RPJPD yang mana sebelumnya telah dilaksanakan ekspose awal RPJPD dan identifikasi factor pendorong penghambat pelaksanaan program dan kegiatan di SKPD.

Beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan dalam ekspose tersebut diantaranya adalah pencapaian RPJPD berdasarkan periode RPJMD,  yang diantaranya  kualitas infrastruktur daerah memiliki kinerja baik. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi jalan baik selalu meningkat setiap tahun. Pembangunan yang berwawasan lingkungan secara umum memiliki kinerja baik dan pemantauan kualitas SDM yang dilihat dari sektor pendidikan memiliki kinerja yang baik terutama terkait dengan akses terhadap layanan pendidikan. Serta kesejahteraan masyarakat memiliki kinerja baik yang ditandai dengan adanya penurunan kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran.

“Setelah ekspose akhir ini selanjutnya akan dilakukan penulisan laporan hasil evaluasi RPJPD, diharapkan koordinasi dapat terus berjalan guna tersusunnya Laporan Evaluasi RPJPD yang sesuai dengan ketentuan”. Ujar Nashrullah. (Bappedalitbang)