BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

BERSAMA SEKRETARIAT FORUM SATU DATA, BAPPEDALITBANG GELAR MAPPING LIST DATA STATISTIK SEKTORAL

Martapura –  Dalam rangka mendorong terwujudnya tata Kelola data yang terpadu sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI), berkenaan dengan hal tersebut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar menggelar tindak lanjut Verifikasi Data Statistik Sektoral dengan produsen data berupa Desk Mapping List Data Statistik Sektoral yang dilaksanakan pada Kamis (21/9/2023) pagi diruang rapat Bappedalitbang.

Pada desk kali ini dilaksanakan pada empat ruangan yang dipimpin masing-masing Tim Sekretariat Forum Satu Data BPS Kab. Banjar selaku Pembina Data, Bappedalitbang selaku Koordinator, dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Walidata mengkonfirmasi kepada Kepala Bidang pada Perangkat Daerah se Kabupaten Banjar tentang ketersediaan data yang dihasil oleh SKPD tersebut.

Santi Nurlaela selaku Tim Koordinator dari Sekretariat Forum Satu Data menyampaikan, kegiatan dilaksanakan sebagai wahana koordinasi dan konfirmasi terhadap data statistik sektoral dari setiap produsen data yang sebelumnya sudah dikirimkan ke Bappedalitbang terkait produsennya.

“Harapan kami, dengan kegiatan ini data statistik yang sudah dikumpulkan dapat menjadi basis data dalam perencanaan pembangunan yang autentik, resmi dan benar agar pengguna data dapat mengambil kemanfaatan dari data statistik sektoral tersebut,” ungkapnya. Di akhir kegiatan disepakati berita acara antar Tim Sekretariat Forum Satu Data dengan Bidang Teknis pada setiap SKPD (Produsen Data) tentang penetapan daftar data statistik sektoral dari SKPD. (Bappedalitbang)