BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

PEMKAB BANJAR IKUTI SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN SASARAN PEMBANGUNAN PROVINSI DALAM RPJPD 2025-2045

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar turut serta dalam kegiatan sosialisasi pemutakhiran sasaran pembangunan provinsi yang merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045. Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Dirjen Bina Bangda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) secara daring melalui Zoom Meeting, diikuti oleh perwakilan dari berbagai provinsi serta kabupaten/kota di seluruh Indonesia, Kamis (15/8/2024) di aula Baiman Bappedalitbang Banjar.

Acara zoom dihadiri oleh Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Nashrullah Shadiq, beserta Kepala Bidang dan Kepala Sub Bidang dari berbagai bidang di Bappedalitbang.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada seluruh pihak terkait mengenai arah dan sasaran pembangunan yang akan menjadi fokus dalam jangka panjang, hingga tahun 2045. Dalam kesempatan tersebut, berbagai isu strategis yang akan menjadi fokus dalam RPJPD 2025-2045 dibahas secara mendalam. Isu-isu ini meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan ekonomi lokal, serta pengembangan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Selain itu, sosialisasi ini juga membahas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam upaya mencapai tujuan-tujuan tersebut, seperti perubahan iklim, ketimpangan sosial, serta dinamika ekonomi global. Pembahasan ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kokoh dalam perencanaan pembangunan jangka panjang yang lebih terarah dan responsif terhadap berbagai tantangan.

Menanggapi kegiatan ini, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Nashrullah Shadiq, menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan langkah awal yang penting dalam rangkaian proses perencanaan pembangunan jangka panjang.

“Sosialisasi ini merupakan langkah awal dari rangkaian proses perencanaan pembangunan jangka panjang yang akan terus dilanjutkan dengan diskusi-diskusi dan konsultasi publik yang lebih mendalam. Pemerintah Kabupaten Banjar berkomitmen untuk terus melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam setiap tahap perencanaan demi tercapainya pembangunan yang adil dan berkesinambungan,” ujarnya.

Dengan dimulainya sosialisasi ini, Bappedalitbang Kabupaten Banjar berharap dapat memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, provinsi, dan pusat dalam merumuskan dan mengimplementasikan strategi pembangunan jangka panjang yang bermanfaat bagi masyarakat dan berkelanjutan.(Ione/Bappedalitbang)