BeritaSekretariat

PUNCAK HARI JADI KE-79, KABUPATEN BANJAR ANUGERAHKAN PENGHARGAAN INOVASI

MARTAPURA – Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-79 digelar meriah di RTH Ratu Zalecha, Martapura, pada Senin (2/9/2024). Acara ini dihadiri oleh Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur, yang didampingi oleh Wakil Bupati H. Idrus Al Habsyi dan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj. Nurgita Tiyas. Dalam kesempatan tersebut, mereka secara simbolis menyerahkan piagam penghargaan dan plakat kepada pemenang lomba inovasi tangguh dan andalan Kabupaten Banjar kategori ASN/SKPD dan umum/masyarakat.

Acara puncak ini diawali dengan penampilan yang memukau dari Grup Sinoman Hadrah Al Fata dan Surya Abadi dari Kecamatan Martapura Barat, serta grup Awwanul Ikhwan dari Kecamatan Karang Intan. Penampilan tersebut diikuti oleh drama musikal yang dibawakan oleh satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Martapura, yang mengambil tema “Rakyat Banjar Melawan Penjajah.” Aksi para anak-anak PAUD ini, yang merupakan binaan Hj. Nurgita Tiyas, berhasil menambah semarak suasana dengan akting mereka yang menggemaskan.

Keberhasilan pembangunan Kabupaten Banjar selama kepemimpinan Bupati H. Saidi Mansyur dan Wakil Bupati H. Idrus Al Habsyi juga ditampilkan melalui layar videotron.

Dalam sambutannya, Bupati Saidi Mansyur menyampaikan bahwa peringatan Hari Jadi tahun ini mengusung tema “Rakat Bersama,” yang menggambarkan komitmen pemerintah dan masyarakat untuk terus bergerak maju mengatasi berbagai tantangan serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

“Keberhasilan pembangunan adalah hasil kerja keras dan gotong royong seluruh komponen masyarakat Kabupaten Banjar,” tegas H. Saidi Mansyur. Ia juga menyoroti beberapa pencapaian yang patut dibanggakan selama empat tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati H. Idrus Al Habsyi.

 “Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, pertumbuhan ekonomi yang mencapai 4,35 persen, serta penurunan angka kemiskinan menjadi 2,3 persen menjadikan Kabupaten Banjar salah satu daerah dengan tingkat kemiskinan terendah se-Indonesia. Cakupan layanan kesehatan juga mencapai 98,42 persen pada tahun 2024,” jelasnya.

Bupati Saidi Mansyur menjelaskan bahwa Pemkab Banjar terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih mudah dan cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi, salah satunya melalui peluncuran Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital. “MPP Digital menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah daerah. Di era digital ini, media sosial menjadi garda terdepan pembangunan di Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Selain penghargaan lomba inovasi, acara tersebut juga diwarnai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Sumiatin sebagai juara pertama lomba kader posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Bupati Saidi Mansyur juga menerima secara simbolis buku saku 17 Fatwa MUI dari Ketua MUI Kabupaten Banjar, serta piagam penghargaan dari Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu, Hj. Nurgita Tiyas menerima surat pencatatan ciptaan dari Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Kemenkumham sebagai pemegang hak cipta seni motif dengan judul “Lendang Manis.”

Para pemenang inovasi kategori ASN/SKPD yang menerima penghargaan di antaranya adalah STAR BANJAR (Sistem Tertib Administrasi Kependudukan Kabupaten Banjar), Padat Langsing (Peduli Atasi Masalah Stunting), dan MANIS LANGSATKU (Melahirkan di Puskesmas Langsung Dapat Dokumen Kependudukan). Sementara itu, untuk kategori umum/masyarakat, penghargaan diberikan kepada GARIS KARSA (Daur Ulang Ampas Kopi), Pesona Bamban yang Terabaikan, dan KATUYUNG (Kue Bangkit Tepung Tulang Ikan Haruan).

Kepala Bappedalitbang, Nashrullah Shadiq, dalam pesannya kepada para inovator, menekankan pentingnya lomba inovasi ini yang diadakan secara rutin setiap tahun untuk mendorong kreativitas dan solusi inovatif bagi masyarakat.

Menurut Nashrullah, inovasi-inovasi tersebut merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan di Kabupaten Banjar.

Di akhir acara, Bupati Saidi Mansyur bersama Wakil Bupati, istri mereka, dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Adi Santoso, meninjau stand-stand Kuliner Rakat Bersama, di mana tersaji berbagai makanan khas dari SKPD di lingkungan Pemkab Banjar.

Acara ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, camat, para kepala SKPD, serta sejumlah undangan lainnya, yang turut menyemarakkan peringatan hari jadi Kabupaten Banjar yang ke-79 ini. (Sumber Humas Kab Banjar & Bappedalitbang)