BeritaBidang Ekonomi dan Sumber Daya AlamBidang Infrastruktur dan KewilayahanBidang Pemerintahan dan Pembangunan ManusiaBidang Penelitian, Pengembangan dan InovasiBidang Perencanaan, Pengendalian dan EvaluasiSekretariat

RAKOR IMPLEMENTASI PROGRAM DAN KEGIATAN PADA KAWASAN STRATEGIS KABUPATEN BANJAR

 

MARTAPURA – Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Implementasi Program dan kegiatan pada Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada hari Kamis 15 Februari 2018, dimana salah satu kesimpulan dari rakor tersebut yaitu perlunya komitmen dan konsistensi dalam menjalankan program baik pusat maupun daerah. Pemerintah Kabupaten Banjar Selasa (20/02), melaksanakan rakor dalam rangka  implementasi program dan kegiatan pada Kawasan Strategis Kabupaten di aula Baiman Bappelitbang,Kantor Bupati Banjar di Martapura.

Sekda Banjar H Nasrun Syah dalam sambutannya menyampaikan bahwa masing-masing SKPD yang terlibat dalam kegiatan pengembangan KPPN harus siap merencanakan kegiatan yang sudah direncanakan pada kesepakatan bersama pada tahun 2019 yang rencananya ditahun 2018. “Perencanaan tersebut harus dilaksanakan sekarang sebelum Musrenbang Kabupaten” ujar Sekda.

“KPPN merupakan rencana strategis Jokowi dalam rangka membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dari desa, oleh karena itu kepada SKPD agar setiap usulan diperhatikan agar masuk dalam pengembangan KPNN” tambahnya.

Hary Supriadi dalam paparannya menyebutkan konsep pengembangan kawasan KPPN Banjar dibagi  menjadi 2 KSP,  yaitu KSP 1  yang berlokasi di Desa Sungai Batang sebagai pusat pengolahan komoditas ikan budidaya, packaging, sortasi, dan branding sedangkan  KSP 2  berlokasi di Desa Penggalaman  sebagai pusat pengolahan komoditas pertanian tanaman pangan, lantai jemur, dan packaging.

“Bukan hanya karena besarnya komitmen anggaran yang mencapai 300 milliar, tapi KPPN juga harus dikawal oleh semua pihak agar impact yang diinginkan benar-benar bisa tercapai” pungkas Hary

Dari hasil  rakor ini para peserta yang terdiri dari SKPD terkait sepakat  untuk melaksanakan penyiapan DED dan penyelarasan rencana desa. Begitu juga dengan komitmen tindak lanjut beberapa dinas diantaranya DPMD dengan pembentukan BKAD dan pembentukan Bumdes bersama, dinas perikanan dengan Strategi Patin serta Dinas TPH dengan Strategi Padi.  Sedangkan Bappelitbang menindaklanjuti dalam Penerbitanan Perbup KPPN di Kabupaten Banjar.

Acara ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Kepala Bappelitbang, Camat Martapura Barat, SKPD serta Kepala Desa dan aparat desa terkait. (ADB/Fisik)