BeritaBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

KABUPATEN BANJAR RESMI LAUNCHING 104 INOVASI

Martapura –104 inovasi daerah dari berbagai SKPD Kabupaten Banjar resmi di louncing Bupati Banjar H Khalilurrahman, Kamis (16/08), disaksikan Deputi Lembaga Inovasi dan Adminitrasi Negara (LAN) RI Dr. Tri Widodo beserta rombongan, SKPD, Forkompinda , TP PKK Kabupaten Banjar,  tokoh agama dan tokoh masyarakat  dalam acara yang dikemas menjadi satu dalam acara pembukaan Banjar Expo 2018 yang digelar di RTH alun-alun ratu zaleha martapura .

Acara ini sekaligus penandatanganan komitmen inovasi yang diwakili 2 SKPD yaitu dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Gambut, Kelurahan Kertak Hanyar, serta UPT Simpang Empat 2. Kegiatan ini merupakan Kick Off dari tahapan Desain dan Deliver laboratorium inovasi yang telah  dilaksanakan pada bulan Maret sebelumnya.

Bupati Banjar menjelaskan keberhasilan Inovasi selama ini berkat bimbingan dan arahan LAN RI, sehingga Kabupaten Banjar dapat melaksanakan tahapan Inovasi dengan hasil yang sangat cukup menggembirakan, melihat luas wilayah Kabupaten Banjar terbesar ke-3 di Kalimantan Selatan, Bupati pun bersyukur atas sumber daya alam yang sangat potensial, seperti sektor pariwisata, perikanan dan juga sektor pertanian. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Banjar memerlukan peran penting berupa teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, radio, media informasi dan yang lainnnya.

Sementara itu, Deputi Lembaga Inovasi dan Adminitrasi Negara (LAN) RI  Dr. Tri Widodo mengatakan apa yang dilakukan Kabupaten Banjar merupakan terobosan baru untuk merespon tantangan yang menjadi kebutuhan dan manfaat baru bagi masyarakat oleh karena itu dirinya mengapresiasi atas inovasi yang di lakukan. Tri Widodo berharap dihari jadi Kabupaten Banjar ke 68 dan HUT Kemerdekaan ke-73 ini, Kabupaten ini semakin gigih dan semangat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Launching inovasi merupakan langkah awal strategis meningkatkan kompetensi SDM dan daya saing daerah dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera melalui penguatan sistem inovasi daerah. Laboratorium Inovasi sebagai momentum bagi ASN muda untuk berkembang dan menumbuhkan semangatnya berinovasi.  (ADB /PPDI)