BeritaBidang Infrastruktur dan Kewilayahan

BAPPELITBANG KONSOLIDASIKAN RKPD DAN PENGEMBANGAN WILAYAH BERSAMA DINAS PUPR

Gambar Ilustrasi

Martapura –Senin (23/1), melalui bidang Fisik dan Prasarana Bappelitbang Banjar.  M Riza Dauly selaku Kabid Fisik dan Prasaran memimpin kegiatan Konsolidasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah Lingkup Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Tahun Anggaran 2019, Urusan Pekerjaan Umum bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di ruang rapat bidang Fisik dan Prasarana.

Kegiatan Pelaksanaan Konsolidasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah Lingkup Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Tahun anggaran 2019 ini dilaksanakan dalam rangka realisasi terhadap  tema prioritas pembangunan Bidang Infrastruktur dan Pengembangan wilayah  dalam pelaksanaan Pra Rancangan RKPD Tahun 2019 yang di laksanakan oleh Perangkat Daerah Kabupaten Banjar dengan outline atau garis besar yang dibahas yaitu : Kerangka Pemikiran, Target 2016 – 2021, Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Kebutuhan Pendanaan, Alokasi Pendanaan APBD TA. 2019, Kebijakan untuk memenuhi gap pembiayaan dan proyek strategis kabupaten.

Berdasarkan rapat tersebut Untuk pekerjaan umum yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan target outcome pembangunan infrastruktur dan pengembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah tahun 2019 dengan indicator dan target yaitu : (1). Target Indikator dalam Infrastruktur Dasar Permukiman adalah Akses Air Minum/Air Bersih dengan Target 69,61 % (2), Target Indikator dalam Konektivitas  adalah Kondisi Jalan Mantap dengan target 69,61 % dan Kondisi Jembatan Baik dengan target 92,39 % (3). Target Indikator dalam Mendukung ketahanan pangan adalah Rasio Lahan Pertanian Beririgasi dengan target 80 %  (4). Target Indikator dalam Penataan Ruang adalah kesesuain tata ruang dengan target 60 %. (ADB /FP)