BeritaBidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam

KABUPATEN BANJAR RENCANAKAN AGROWISATA BUNGA

Martapura – Rabu, 26/9/2018, Bunga merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain bunga sebagai tanaman hias, dibudidayakan untuk memberikan pendapatan bagi petani, dapat diolah lebih lanjut dalam bentuk hasil olahan yang bervariasi guna mendapatkan nilai tambah, juga untuk dinikmati nilai estetika atau keindahannya. Kabupaten Banjar dikenal sebagai penghasil tanaman bunga yang terdapat di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Karang Intan. BAPPELITBANG Kabupaten Banjar melalui Bidang Perekonomian menggelar FGD Penyusunan Perencanaan Pengembangan Tanaman Bunga Melati dan Kenanga yang bekerjasama dengan Tenaga Ahli dari Universitas Lambung Mangkurat bertempat di Aula Kantor Pembakal Desa Bincau Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar. Acara ini dipimpin oleh Kepala Bidang Perekonomian Hj. Normadaniah, SH,M.AP.

Rapat membahas tentang identifikasi output, data serta saran dan masukkan dari petani bunga dan SKPD terkait guna penyusunan Perencanaan Pengembangan Tanaman Bunga Melati dan Kenangan. FGD ini bertujuan menjadikan usaha tani tanaman bunga di beberapa desa Bincau, Labuan Tabu, Jingah Habang, Pandak Daun, Mali-Mali dan Lok Tangga lebih berkembang lagi, baik dalam hal produktivitas, luas tanam, diversifikasi jenis tanaman hiasnya, meningkatkan hasil pengolahan dan pengrajin bunga dengan produk yang lebih bervariasi sehingga memberikan nilai tambah yang lebih besar lagi, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat serta menjadikan daerah ini sebagai Desa Agrowisata Bunga yang akan menjadi obyek kunjungan masyarakat dari berbagai daerah sehingga memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah dan masyarakat setempat.

Pada acara ini dihadiri oleh 6 petani bunga  yaitu dari Desa Bincau, Labuan Tabu, Jingah Habang Ulu, Jingah Habang Ilir, Mali-Mali, dan Lok Tangga, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Banjar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Banjar dan BAPPELITBANG Kab. Banjar. (ADB/ Perekonomian)