BeritaBidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia

SAIDI BERHARAP AGAR PROGRAM KEGIATAN SKPD BISA MENYENTUH PENANGGULANGAN KEMISKINAN

MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar sekaligus ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Banjar H Saidi Mansur, Selasa (02/10) memantau langsung kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Bappelitbang Banjar selaku Sekretariat TKPKD Banjar, bertempat di aula Bauntung sehubungan dengan dilaksanakannya Penyusunan Laporan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) untuk tahun 2018.

Saidi dalam sambutan singkatnya menyatakan  selama ini kita tidak pernah membuat analisis atau perhitungan terkait kurang dan turunnya tingkat kemiskinan didaerah kita. “Skala Di Kalimantan Selatan kita memang terendah akan tetapi jika dihitung dari jumlah manusianya sangat lumayan, hampir 25% dari penduduk kita masih miskin” ujarnya.

Melalui kegiatan bimtek ini  Saidi juga memerintahkan kepada   para Kasubbag Program yang berhadir agar nantinya bisa  menyampaikan kembali ke dinas-dinas masing-masing bahwa semua program SKPD  harus terkait dengan kemiskinan. “Memang tidak secara langsung tetapi sekurang-kurangnya program yang direncanakan menyentuh penanggulangan kemiskinan yang ada di Kabupaten Banjar” tegasnya.

“Melalui kegiatan bimtek ini agar kita sama-sama belajar serta latihan agar analisis kemiskinan melalui LP2KD bisa berjalan dengan baik dan lancar.  Mudah-mudahan melalui laporan hasil analisis ini nantinya mengenai penanggulanan kemiskinan bisa kita lihat sehingga bisa di kombinasikan dengan RPJMD” harap Saidi.

Senada dengan Saidi, Kabid Sosbud dan SDM H Syahruddin yang memimpin acara  turut menjelaskan bahwa bimtek ini dilaksanakan karena baru tahun ini TKPK menyusun laporan tersebut, sementara diamanatkan dalam Permendagri bahwa  TKPK setiap tahunnya wajib menyusun laporan tersebut sebagai bentuk kinerja  dari  TKPKD Banjar  dalam  melaksanakan bahan evaluasi terkait program penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar.

Narasumber LP2KD Sukmawati, secara umum menyampaikan paparannya mengenai tata cara pembuatan laporan serta teknis lainnya. “Tujuan LP2KD adalah untuk menilai capaian-capaian yang dilaksanakan selama satu tahun, apakah berhasil atau tidak. “Sebagai contoh tahun sebelumnya terjadi penurunan angka kemiskinan, jadi diidentifikasi program-program apa saja yang bisa menurunkan angka kemiskinan tersebut” jelas Sukma.(ADB/PPDI)