BeritaBidang Ekonomi dan Sumber Daya AlamBidang Infrastruktur dan KewilayahanBidang Pemerintahan dan Pembangunan ManusiaBidang Penelitian, Pengembangan dan InovasiBidang Perencanaan, Pengendalian dan EvaluasiSekretariat

LINTAS SKPD SIAP BERKOMITMEN UNTUK MEMBERDAYAKAN LANSIA DI KABUPATEN BANJAR

MARTAPURA – Kabid Sosbud dan SDM Bappelitbang Banjar H Syahruddin, Selasa (23/10) kemaren membuka sekaligus memimpin rapat  Koordinasi Penanganan  Lansia dan Forum Komdalansia Kab Banjar yang diselenggarakan di Aula Bauntung Bappelitbang Banjar.

Kegiatan yang dihadiri Tim Koordinasi Penanganan Lansia,  Forum Komdalansia, Pambakal dan Bappelitbang ini mengagendakan  pembahasan mengenai integrasi penanganan lansia dengan kegiatan teknis serta hal-hal lainnya yang dianggap.

“Rapat Koordinasi yang kita laksanakan ini dalam rangka perhatian pemerintah daerah terhadap penanganan lansia di Kabupaten Banjar dan peningkatan kapasitas komdalansia “ ungkap Syahruddin dalam sambutan singkatnya.

Ditambahkannya lagi bahwa penanganan lansia di Kabupaten Banjar  diharapkan dapat diintegrasikan pada kegiatan lain, seperti kampung Keluarga Berencana (KB) dan bagi lansia kurang mampu, dapat mendapat bantuan dari Baznas sesuai persyaratan yang berlaku dengan kemampuan dana yang tersedia.

“Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis lainnya agar memperhatikan serta ada kepedulian terhadap lansia dengan mengintegrasikannya dengan kegiatan SKPD” pintanya.

Dari sesi diskusi tanya jawab salah satu anggota tim dari Kemenag menyebutkan bahwa mereka sudah membuat beberapa kegiatan-kegiatan yang perduli terhadap lansia diantaranya pencerahan berupa pemberian amalan-amalan dan peningkatan amalan.

Dari kesimpulan rakor tersebut Forum lansia  siap membantu atau berpartisipasi dengan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan penanganan lansia. Selain itu  penanganan lansia akan diintegrasikan dengan kegiatan lainnya misalnya dengan Kampung KB, penanganan kemiskinan, kabupaten sehat (senam lansia) dll.

Kemudian seluruh peserta sepakat serta berkomitmen bersama dari lintas SKPD untuk memberdayakan lansia di Kabupaten Banjar. (ADBSosbud)