BeritaBidang Ekonomi dan Sumber Daya AlamBidang Infrastruktur dan KewilayahanBidang Pemerintahan dan Pembangunan ManusiaBidang Penelitian, Pengembangan dan InovasiBidang Perencanaan, Pengendalian dan EvaluasiSekretariat

TANTRI ”PERHATIKAN PETA PEMBANGUNAN WILAYAH JANGAN SAMPAI YANG DEKAT-DEKAT SAJA”

KARANG INTAN – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Galuh Tantri Narindra atau akrab disapa Tantri, Senin (04/02/2019) siang, berkesempatan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di  Kecamatan Karang Intan.

Menyampaikan sambutan Bupati Banjar Tantri, mengatakan bahwa ditahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Banjar akan  mengangkat 5 (lima) prioritas pembangunan dengan tujuan utama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat  Kabupaten Banjar.

“Prioritas-prioritas tersebut adalah pertumbuhan ekonomi dan kehidupan yang layak, peningkatan aksebilitas antar wilayah, pemerataan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan, stabilitas ketertiban umum dan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.  Dan penetapan 5 prioritas tersebut merupakan bagian strategi pemerintahan Kabupaten Banjar untuk menjawab permasalahan yang didapatkan dari hasil evaluasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 serta dengan memperhatikan prioritas nasional dan prioritas Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 ” ujarnya.

“Musrenbang merupakan forum musyawarah antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2020. pelaksanaan Musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas perangkat daerah yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD provinsi maupun APBN” jelas Tantri.

Tantri, juga mengharapkan agar Musrenbang kali ini mengacu dan memperhatikan RPJMD RKPD dan skala prioritas agar memperhatikan kewenangan kabupaten kecamatan dan desa.

“Perhatikan peta pembangunan wilayah jangan sampai yang dekat-dekat saja yang selalu diperhatikan, harus ada kesamaan pandang antara  BPD dengan istitusi pemerintah yang ada di kecamatan” tegasnya

Turut hadir di pelaksanaan Musrenbang ini SKPD-SKPD terkait, Muspika, Anggota DPRD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, DPD serta kepala desa seluruh Karang Intan.(ADB/Bappelitbang)