BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

SAMBUNG MAKMUR GILIRAN PERTAMA MUSRENBANG KECAMATAN

MARTAPURA – Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banjar Jurji Zaidan membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan tahun 2021 di Kecamatan Sambung Makmur, Selasa (28/01/2020).

Membacakan sambutan Bupati Banjar, Jurji menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan forum musyawarah antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2019. pelaksanaan musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas perangkat daerah yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD provinsi maupun APBN.

“Dengan berpedoman pada arah pembangunan berdasarkan RPJPD Kabupaten Banjar dan perubahan RPJDM Kabupaten Banjar Tahun 2016-2021, serta permasalahan dan isu-isu strategis, maka tema pembangunan Kabupaten Banjar tahun 2020 adalah “PENGUATAN  SUMBERDAYA MANUSIA DAN EKONOMI UNTUK DAYA TAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT” kata Jurji dihadapan para peserta Musrenbang.

“Tahun 2021  Pemerintah Kabupaten Banjar mengangkat 4 prioritas pembangunan prioritas-prioritas diantaranya  Pemerataan  Kualitas Layanan Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat peningkatan,  Peningkatan Insfrastruktur serta Pelestarian Lingkungan, Pertumbuhan Ekonomi melalui sektor pariwisata, pertanian dan perikanan, Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Dan Pelayanan Publik” kata Sekretaris Bappeda Litbang.

“Penetapan   4   prioritas   tersebut   merupakan   bagian strategi  Pemerintah  Kabupaten  Banjar untuk menjawab permasalahan yang didapatkan dari hasil evaluasi RKPD Tahun 2019 serta dengan memperhatikan prioritas nasional dan prioritas provinsi Kalsel Tahun 2021” sambungnya lagi

Camat Sambung Makmur H Sukasto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang di gelar di setiap kecamatan, tujuannya adalah untuk memasukan setiap rencana program kerja masing masing desa.

“Dan kami mengucapkan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyempatkan waktu untuk ikut dalam acara ini sdalam rangka mendukung pelaksanaan Musrenbang yang digelar di Kecamatan  kami” pungkas Sukasto dihadapan para peserta Musrenbang.

Acara ini dihadiri SKPD terkait, Anggota DPRD Dapil Sambung Makmur,  Kepala Desa se Kecamatan Sambung Makmur, UPT Kecamatan, BPD, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat Kecamatan sambung Makmu. (ADBProhumas/Bappeda Litbang)