BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

MAHMUDAH “BEBERAPA HAL PERLU DIPERHATIKAN DALAM MUSRENBANG”

MATARAMAN – Dalam rangka mendapatkan masukan, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas perangkat daerah yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD provinsi maupun APBN, rabu (05/02/2020) dilaksanakan Musrenbang RKPD tahun 2021  tingkat kecamatan di Kecamatan Mataraman.

Asisten III Administrasi Umum  Siti Mahmudah,SH, MH,  dalam  sambutan Bupati Banjar menyampaikan bahwa pelaksanan Musrenbang merupakan forum musyawarah antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Banjar Tahun 2021.

“Kami juga menyadari bahwa semua harapan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Banjar belum dapat terpenuhi, dan patut  dimaklumi bersama bahwa kondisi kualitas kesejahteraan masyarakat masih perlu ditingkatkan, kapasitas pelayanan dasar kesehatan, pendidikan serta infrastruktur bagi masyarakat yang harus ditingkatkan seiring kebutuhan masyarakat” ujar Mahmudah dalam sambutannya.

Mahmudah juga menegaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembahasan atas usulan yang sudah dihimpun diantaranya (a) Pemilahan usulan yang didanai oleh Dana Desa dan ADD serta usulan yang dapat didanai oleh APBD Kabupaten Banjar dengan mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2018 tentang Kewenangan Desa (b) Daftar usulan benar-benar atas dasar prioritas untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi di kecamatan, dll.

“Dengan berpedoman pada arah pembangunan berdasarkan RPJPD Kabupaten Banjar dan perubahan RPJDM Kabupaten Banjar Tahun 2016-2021, serta permasalahan dan isu-isu strategis, maka tema pembangunan Kabupaten Banjar tahun 2020 adalah “PENGUATAN  SUMBERDAYA MANUSIA DAN EKONOMI UNTUK DAYA TAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT” dan ditahun 2021 Pemkab Banjar akan mengangkat  4 prioritas pembangunan” ucap Mamhudah.

Dikesempatan yang sama Camat Mataraman Rubaini, S.Sos, yang turut memberikan sambutan mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta Musrenbng yang menyempatkan waktunya untuk berhadir.

“Saya harap kepada para Kepala Desa agar usulan dianalisa terlebih dahulu, dan dapat ditentukan mana skala prioritasnya dan dari sisi urgensinya.  Dengan adanya pelaksanaan pembangunan di  Kecamatan mataraman diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat serta sumber daya manusinya  dapat lebih berkembang.

Acara ini dihadiri Bappeda Litbang, SKPD SKPD terkait, anggota DPRD dapil 5 diantaranya Hj Ratna Hartati , Hj Mukarramah dan Ahmad syarwani. Selain itu juga dihadiri forkompinka Kec. Mataraman, Kepala Desa Mataraman, BPD, tokoh masyarakat, dll.(ADB/Bappeda Litbang)