BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

BUPATI BANJAR TEGASKAN 4 PRIORITAS PEMBANGUNAN

MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman menghadiri sekaligus membuka acara Musrenbang RKPD tahun 2021 tingkat kecamatan di aula kantor kecamatan Martapura Barat, Kamis (13/02/2020) pagi.

Bupati Banjar yang akrab disapa dengan Guru Khalil, dalam sambutannya mengatakan, kondisi kesejahteraan masyarakat, pelayanan masyarakat dan infrastruktur perlu ditingkatkan.

“Sehubungan dengan penyelenggaraan dana desa dan RKPD sesuai dengan peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2018 tentang kewenangan dana desa dan asal-uslnya perlu diingatkan kembali, desa harus mempedomani peraturan bupati ini tentang pelaksanaan pembangunn desa khususnya tentang penggunaan dana desa,” ujar Guru Khalil menjelaskan.

Ditambahkannya, tahun 2021 Pmerintah Kabupaten Banjar akan mengangkat Empat prioritas pembangunan diantaranya yang pertama menangkat kualitas layanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, kedua meningkatkan infrastruktur, ketiga meningkatkan kebutuhan ekonomi melalui sektor pariwisata dan keempat meningkatkan tata kelola pemerintahan.

“Penetapan 4 prioritas tersebut merupakan strategi Pemerintah Kabupaten Banjar untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Banjar ini.

Sementara itu dalam wawancara singkat dengan Galuh Tantri Narindra sebagai kepala leading sektor perencanaan di Kabupaten Banjar, Tantri menjelaskan kembali bahwa Musrenbang Kecamatan merupakan lanjutan kegiatan Musrenbang desa.

“Melalui kegiatan Musrenbang ini maka kecamatan akan berdiskusi dengan para kepala desa/lurah untuk menyepakati kegiatan prioritas pembangunan wilayah kecamatan, yang mana belum tercakup dalam prioritas kegiatan di desa atau kelurahan. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat kabupaten”pungkasnya

Urut berhadir dalam acara Asisten II Pemerintah Kabupaten Banjar, Kepala Bappedalitbang, Kepala Dinas Komunikasi, beberapa Kepala SKPD Banjar, Camat Kecamatan Martapura Barat, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan peserta Musrenbang.(ADB/Bappeda Litbang)