BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

CARI MASUKAN GUNA PEMBANGUNAN DAERAH, BAPPEDA LITBANG GELAR KONSULTASI PUBLIK

MARTAPURA– Dalam rangka mendapatkan masukan untuk mendapatkan masukan terhadap perumusan Rancangan Awal Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banjar Tahun 2022.  Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dipimpin langsung Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra, dilaksanakan secara virtual dan physical meeting dengan menerapkan standar protokol covid di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis(11/02/2021) pagi.

Mengusung tema nasional yaitu “Pemantapan Pemulihan dan Pertumbuhan Ekonomi Serta Penguatan Kehidupan Sosial Masyarakat” kegiatan ini dihadiri secara tatap muka Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), Organisasi Profesi serta Para Akademisi. Juga dihadiri secara daring Ketua DPRD Banjar H.M Rofiqi, dan SKPD terkait.

Mewakili Sekda Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, dalam sambutannya mengatakan bahwa  kegiatan ini merupakan tahapan dari Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2020 tentang tata cara perencanaan dan evaluasi.

Sementara itu saat diwawancara Ichwansyah menjelaskan secara singkat beberapa hal terkait konsultasi publik

“Kita mau mendengarkan masukan-masukan dari akademisi, organisasi profesi bagaimana proses pembangunan kita.  Apabila masukan tersebut memang bisa kita laksanakan maka akan koordinasikan dengan instansi terkait,” jelasnya.

“Diharapkan masukan dan saran dari berbagai pihak dalam RKPD ini sebagai langkah awal bagaimana kita megahadapi proses pembangunan di Kabupaten Banjar dimasa yang akan datang”,harapnya.

Senada dengan Ichwansyah, Kepala Bappeda Litbang Banjar Galuh Tantri Narindra mengatakan isu-isu strategis masih sama seperti sebelumnya seperti hal yang menjadi perubahan dan kebijakan adalah adanya pandemi Covid-19, dan bencana alam banjir di awal tahun 2021 serta bagaimana arahan pembangunan prioritas Kabupaten Banjar ditahun akan datang.

“Hari ini kita sedang menjaring masukan dan saran dari pihak terkait yang ikut berpengaruh atau stakeholder dalam pembangunan, dan kita sudah menetapkan tema daerah yaitu “PEMANTAPAN PEMULIHAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI SERTA PENGUATAN KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT” dengan  beberapa prioritas yakni pemulihan SDM, ekonomi, kelestarian lingkungan hidup, good governance, dan pembangunan berbasis keagamaan dan nantinya akan dirilis di Musrenbang Kabupaten “,pungkasnya. (ADB/Bappedalitbang)