Berita

TETAPKAN 5 PRIORITAS PEMBANGUNAN, MUSRENBANG KALI INI DILAKSANAKAN SECARA DARING

MARTAPURA – Memasuki hari pertama pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Tahun 2021 yang digelar di dua tempat berbeda Senin (15/02/2021) pagi, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banjar Hj Galuh Tantri Narindra mewakili Bupati Banjar membuka kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Aranio yang dilaksanakan secara daring.
Dalam acara yang difasilitasi Bappeda Litbang secara virtual ini turut hadir Sekretaris Bappeda Litbang Jurji Zaidan sebagai moderator, SKPD-SKPD terkait, Muspika, Tokoh Masyarakat, DPD serta kepala desa di Aranio.

Membacakan sambutan Bupati Banjar, Tantri sapaan akrab Kepala Bappeda Litbang menyampaikan Acara Musrenbang kecamatan kali ini diselenggarakan di tengah-tengah bencana nasional non alam yang menimpa negeri ini, yang disebabkan wabah virus covid-19, selain itu di tahun ini daerah kita juga terkena bencana banjir dimana pada tahun-tahun sebelumnya tidak pernah separah ini, mari kita sama-sama berharap dan bertawakal kepada Allah Subhanahuwata’ala agar bencana ini cepat berlalu, dan negeri kita khususnya daerah Kabupaten Banjar dapat melewati dampak virus covid-19 ini dan dampak bencana banjir yang terjadi.

“Tahun 2022 adalah Tahun pertama pelaksanaan RPJMD Kabupaten Banjar Th. 2021-2026, dimana mulai tahun depan kita akan melaksanakan pembangunan dengan focus dan prioritas yang sesuai dengan rancangan RPJMD periode baru tersebut”, ujarnya.

“Salah satu bahan masukan dalam penyusunan perencanaan pembangunan adalah melalui Musrenbang, baik itu musrenbang desa atau kelurahan sampai dengan musrenbang kabupaten dan Musrenbang merupakan forum musyawarah antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2022,” jelasnya.

Ditahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Banjar mengangkat 5 (lima) prioritas pembangunan dengan tujuan utama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar. Prioritas-prioritas tersebut adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemulihan ekonomi masyarakat dan pengurangan kesenjangan pembangunan, pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, tata kelola pemerintahan yang baik serta perwujudan masyarakat yang agamis untuk menciptakan kehidupan yang tertib dan aman” ungkap Tantri.

“Dan penetapan 5 prioritas tersebut merupakan bagian strategi Pemerintah Kabupaten Banjar untuk menjawab permasalahan yang didapatkan dari hasil evaluasi RKPD Tahun 2020 serta dengan memperhatikan prioritas nasional dan prioritas provinsi Kalsel Tahun 2022,” pungkasnya. (ADB/Beppedalitbang)