BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan EvaluasiSekretariat

MUSRENBANG MERUPAKAN FORUM MUSYAWARAH ANTAR PARA PELAKU PEMBANGUNAN

MARTAPURA – Dengan tetap menerapkan aturan protokol covid-19 yang mengharuskan menjaga jarak, Kamis (18/02/2021) pagi kegiatan Musrenbang RKPD 2021 di Kecamatan Astambul yang dilaksanakan secara daring dan tatap muka berlangsung lancar. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Banjar H Masruri.

Membacakan sambutan Plh Bupati H M Hilman, Masruri menyampaikan bahwa Tahun 2022 adalah tahun pertama pelaksanaan RPJMD Kabupaten Banjar tahun 2021-2026, dimana mulai tahun depan kita akan melaksanakan pembangunan dengan focus dan prioritas yang sesuai dengan rancangan RPJMD periode baru.

“Tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Banjar mengangkat 5 (lima) prioritas pembangunan dengan tujuan utama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar. Prioritas-prioritas tersebut adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemulihan ekonomi masyarakat dan pengurangan kesenjangan pembangunan, pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, tata kelola pemerintahan yang baik serta perwujudan masyarakat yang agamis untuk menciptakan kehidupan yang tertib dan aman” kata Masruri.

Masruri kembali mengingatkan bahwa dalam Musrenbang ini agar tetap melihat pada pemilahan usulan yang didanai oleh Dana Desa dan ADD serta usulan yang dapat didanai oleh APBD Kabupaten Banjar dengan mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2018 tentang Kewenangan Desa, daftar usulan benar-benar atas dasar prioritas untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi di kecamatan.

Musrenbang merupakan forum musyawarah antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2022. pelaksanaan musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas perangkat daerah yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD provinsi maupun APBN.

Turut hadir dalam acara Sekretaris Bappeda Litbang Jurji Zaidan yang bertindak sebagai moderator, SKPD terkait, Camat Asatambul dan aparaturnya, Tokoh agama dan masyarakat, BPD, serta Kepala Desa di Kecamatan Astambul. (ADB/Bappeda Litbang)