BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

BAPPEDALITBANG LAKSANAKAN PEMBAHASAN EVALUASI RPJPD

Martapura – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan melaksanakan ekspose awal hasil evaluasi RPJPD Kabupaten Banjar tahun 2005-2025 yang dipimpin oleh Kabid Perencanaan, Pengendalian & Evaluasi Nashrullah Shadiq dan dihadiri oleh Tim Evaluasi RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kabupaten Banjar yang dilaksanakan secara online via video conference serta luring bertempat di Aula Bauntung pada kamis (25/5/2023) siang.

RPJPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode 20 (dua puluh) tahun terhitung sejak 2005 sampai dengan tahun 2025 dalam hal ini Bappedalitbang bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada melaksanakan ekspose awal ini melalui aplikasi zoom meeting.

Berdasarkan hasil evaluasi sementara RPJPD Kabupaten Banjar Tahun 2005-2025 ada beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan yaitu bahwa Periode Perencanaan 2005-2010 uraian pencapaian peningkatan kualitas SDM sudah berjalan baik. Dibidang peningkatan kualitas pembangunan yang berwawasan lingkungan secara umum sudah berjalan optimal. Secara spesifik berkaitan dengan kinerja arah kebijakan tersebut juga relatif sudah berjalan baik yang ditunjukkan dengan realisasi target luasan RTH yang dibangun. Sisi perekonomian masyarakat yang berdaya saing sudah berjalan optimal yang ditunjukkan dari jumlah unit usaha industri kecil dan menengah yang memenuhi target.

Pada Tahun 2020-2025 Pemantapan perekonomian yang tangguh sudah berjalan baik. Hal ini tunjukan oleh kinerja LPE yang telah melampaui target. Pemantapan perekonomian yang mandiri dan berdaya saing sudah berjalan optimal.

Pembahasan Ekspose ini merupakan ekspose awal dan selanjutnya akan dilakukan ekspose lanjutan terkait hasil evaluasi RPJPD Kab. Banar Tahun 2005-2025. (Bappedalitbang)