BeritaBidang Infrastruktur dan Kewilayahan

EVALUASI RENCANA KERJA SIMPUL JARINGAN GEOSPASIAL KABUPATEN BANJAR

Martapura – Sebagai Pelaksanaan Amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial dan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Informasi Geospasial, Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya dalam pemenuhan dan perkembangan berkomitmen penuh mengembangkan dan meningkatkan kinerja simpul jaringan informasi geospasial provinsi kalimantan selatan, dalam rangka mewujudkan tersedianya data-data spasial yang akurat, mutakhir, sesuai standar, dan berkualitas untuk kebutuhan perencanaan dan pembangunan wilayah kalsel secara berkualitas dan berkelanjutan.

Perihal maksud diatas maka diselenggarakan rapat Evaluasi Rencana Kerja Simpul Jaringan Geospasial Kabupaten Banjar bertempat di aula mini lantai II pada hari Rabu (27/9/2023), difasilitasi oleh Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan dipimpin Edy Jaya, ST.MT Kasubbid Kewilayahan.

Sebagai pembuka rapat Edy menyampaikan bahwa saat ini, status aplikasi Simojang (Sistem Informasi Monitoring Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional)” Kabupaten Banjar berstatus Optimal, akan tetapi dalam menuju status lebih tinggi yaitu status kategori “unggul” maka diperlukan infrastruktur yang memadai dan sumber daya manusia yang siap dalam mengembangkan simpul jaringan geospasial didaerah serta dukungan SKPD di ruang lingkup Kabupaten Banjar.

Dari aspek elemen kelembagaan dan kebijakan saat ini Kabupaten Banjar mempunyai peraturan terkait geospasial yaitu Keputusan Bupati Banjar Nomor 188.45/    /2023 Pembentukan Forum dan Sekretariat Forum Satu Data Indonesia di Kabupaten Banjar, progres perkembangan peraturan tersebut saat ini sudah memasuki tahap final penyusunan, dimana di dalamnya pembagian peran dan fungsi masing-masing walidata, pengelola data dan produsen data (data statistik, data sektoral, dan data spasial) telah diatur secara lebih jelas dan rinci

Dari sektor teknologi berbasis web service saat ini Pemerintah Kabupaten Banjar mempunyai web berbasis spasial sebagai berikut :

  1. SIP Banjar (Sistem Informasi Pertanahan Kabupaten Banjar) Merupakan Sistem Informasi Geografis Aset Tanah Kabupaten Banjar yang menyajikan semua informasi tentang pertanahan milik pemerintah Kabupaten Banjar yang diampu oleh DPUPRP Kabupaten Banjar
  2. SIJULAK MANIS (sistem informasi jaringan utama jalan di kabupaten banjar yang maju, mandiri dan agamis) diampu oleh DPUPRP Kabupaten Banjar
  3. KUSUKA (pelaku usaha perikanan) Aplikasi dari Kementerian Perikanan
  4. SIMKADA Sistem Informasi Izin Kapal Daerah (Mendata Kapal, daerah penangkapan perikanan, apilkasi KKP, operator ada di kabupaten) dari Kementerian Perikanan
  5. DAPODIK Data Pokok Pendidikan, data sebaran pendidik kedepannya akan di akumulasi menjadi data spasial dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi
  6. SITAPAJA (Sistem Informasi Data Spasial Jaringan Jalan Kabupaten Banjar) diampu Bappedalitbang Kabupaten Banjar

Data spasial saat ini yang dimiliki dimasing-masing SKPD antara lain :

  1. Peta Bidang Tanah dari DPUPRP Bidang Pertanahan
  2. Database aset Pemkab Banjar dari DPUPR Bidang Pertanahan
  3. Peta Penggunaan Lahan dari Bidang Tata ruang DPUPR Kabupaten Banjar
  4. Peta Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Banjar dari Bidang Tata Ruang DPUPRP Kabupaten Banjar
  5. Data Jaringan Jalan Kabupaten dari Bidang Bina Marga DPUPRP Kabupaten Banjar
  6. Data Jaringan Jalan Desa dari Bidang Bina Marga DPUPRP Kabupaten Banjar
  7. Data kondisi eksisting dan pemanfaatan Jembatan dari Bidang Bina Marga DPUPRP Kabupaten Banjar
  8. Data sebaran TPS/TPS3R Kabupaten Banjar DPRKPLH Kabupaten Banjar
  9. Rute pelayanan angkutan Sampah DPRKPLH Kabupaten Banjar
  10. Peta Rawan Bencana Banjir dari BPBD Kabupaten Banjar
  11. Peta Rawan Bencana KARHUTLA dari BPBD Kabupaten Banjar
  12. Data sebaran kolam ikan budidaya dari DKPP Kabupaten Banjar
  13. Kelompok usaha bersama (KUB) Perikanan Tangkap dari DKPP Kabupaten Banjar
  14. Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan dari DKPP Kabupaten Banjar
  15. Kelompok Pengawas Sumber Daya Perikanan ( POKWASMAS) Kabupaten Banjar
  16. Data Pokok Pendidik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar

Penjaringan saat ini untuk Tenaga PNS dengan latar belakang pendidikan formal dalam bidang geospasial terdapat 2 orang dengan latar belakang perencanaan wilayah kota dan tenaga PNS dengan latar belakang pendidikan formal dalam bidang non geospasial terdapat 84 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan, akan dilakukan updating lebih lanjut terkait SDM yang ada di Kabupaten Banjar.

Dari aspek sumber daya manusia adanya isu dan permasalahan terkait ASN cenderung mengalami mutasi dan sebagian besar yang menangani teknis pengelolaan Informasi Geospasial adalah SDM Non ASN. Perlu penjaminan keberlanjutan pengelolaan dan jenjang karir yang jelas serta perlunya pelibatan JF Surveyor Pemetaan di daerah agar dalam pelaksanaan kegiatan terkait penyelenggaraan informasi geospasial, pembinaan penyelenggaraan informasi geospasial, dan pembangunan infrastruktur informasi geospasial didaerah dapat berjalan sesuai tupoksinya.

Langkah tindak lanjut kedepannya diperlukan Sinkronisasi dan koordinasi Dengan Bappeda Provinsi terkait Simpul Jaringan Informasi Geospasial menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan dan pemanfaatan satu data geospasial satu persepsi yang sama secara berkelanjutan, efisien, dan efektif sesuai dengan tujuan pembentukan simpul jaringan geospasial.

Acara ini dihadiri oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik  dan Persandian Kabupaten Banjar, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Banjar, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappedalitbang Kabupaten Banjar. (Bappedalitbang)