BeritaBidang Ekonomi dan Sumber Daya AlamBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

SINERGIKAN PROGRAM PRIORITAS DAERAH, BAPPEDALITBANG KUMPULKAN PELAKU SEKTOR USAHA BESAR

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar pertemuan dalam rangka mendukung  percepatan  Pembangunan  Daerah, dengan menjalin sinergi antara Pemerintah Daerah dan sektor swasta  melalui Sinkronisasi  dan  Harmonisasi  Program  Prioritas  Daerah Kabupaten  Banjar  dengan  Rencana  Kerja  Tanggung  Jawab  Sosial Perusahaan/CSR/PPM Rabu (6/9/2023) pagi, di Aula Barakat Lantai II Martapura.

Menghadirkan Keynote Speaker Wakil Ketua I Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Hj Nurgita Tiyas dan 2 narasumber lainnya, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Nashrullah Shadiq serta CSR Specialist PT Banjar Bumi Persada (BBP) Nor Qomariyah pertemuan ini bertujuan untuk memastikan bahwa sumber daya dan upaya yang dilakukan dalam program CSR dapat secara efektif mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar.

Mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada perusahaan-perusahaan yang telah aktif berpartisipasi dalam program CSR di Kabupaten Banjar. Menurutnya, kerjasama antara sektor swasta dan pemerintah daerah adalah kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama.

”Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2014, setiap perusahaan berkewajiban untuk melaksanakan program TSP/CSR/PPM. Ini adalah langkah yang positif dan kami berharap agar program-program ini dapat sejalan dengan visi bersama untuk Kabupaten Banjar yang maju, mandiri, dan agamis,” ujar pria yang akrab disapa Iwan.

Sementara itu, Santi Nurlaela selaku Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappedalitbang Banjar yang mengawaki Tanggung  Jawab  Sosial Perusahaan/CSR/PPM menyebutkan dari hasil pertemuan dengan beberapa pimpinan perusahaan terkait rencana tindak lanjut untuk mensinergikan program kerja, Bappeda Litbang Kabupaten Banjar akan tangani program prioritas daerah terkait pengentasan kemiskinan.

“Alasan dipilihnya program prioritas pengentasan kemiskinan karena ada kaitannya dengan sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan kesehatan.” sebut Santi.

Dijelaskannya bahwa saat ini selain kolaborasi dengan PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS), kerja sama juga terjalin dengan CSR PLN dan pondok pesantren (Ponpes) Darul Hijrah Puteri secara aktif memberikan bantuan keringanan biaya sekolah yang terlaporkan setiap bulan.

“Sejauh ini memang 4 perusahaan ini aktif memberikan laporan secara rutin kepada kami, namun kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan tidak terlaporkan ke Bappedalitbang. Ini menjadi langkah awal kami mengajak dan mensinergikan program prioritas daerah dengan perusahaan,” imbuhnya.

Menghadirkan Keynote Speaker Wakil Ketua I Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Hj Nurgita Tiyas dan 2 narasumber lainnya, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Nashrullah Shadiq serta CSR Specialist PT Banjar Bumi Persada (BBP) Nor Qomariyah. Diikuti Dirut perusahaan daerah, Direktur Perbankan, Direktur perusahaan wilayah Kabupaten Banjar, Kepala SKPD terkait serta sejumlah undangan.

Menjadi salah satu narasumber acara, CSR Specialist PT BBP Nor Qomariyah menyebut kontribusi pihaknya sejauh ini ada 8 program pilar PPM yang didukung salah satunya dibidang pendidikan berupa beasiswa ditingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

“Selain itu, kami juga dari PT BBP dan PT MAS juga mendukung dibidang kesehatan, pertanian, sosial budaya, perkembangan olahraga, RD RTH dan infrastruktur,” pungkasnya.(Bappedalitbang)