BeritaBidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi

BAPPEDALITBANG BANJAR GELAR EKSPOSE ANTARA PENELITIAN TERKAIT KELEMBAGAAN  ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar gelar Ekspose Laporan Antara terkait penelitian hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Banjar dan UNISKA yaitu “ANALISIS EFEKTIVITAS KELEMBAGAAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI KABUPATEN BANJAR” yang dibuka oleh Sekretaris Bappedalitbang Hanafi didampingi Kabid Litbag dan Inovasi H Yanuarsa Senin (9/10/2023) pagi, di aula Bauntung Bappedalitbang.

Mewakili Kepala Badan, Hanafi menyampaikan harapannya agar nantinya menjadi bahan masukan bagi para pejabat pengambil keputusan dalam rangka menata kelembagaan perangkat daerah, yang dapat menciptakan suatu tatanan kerja yang lebih teratur, serta memperjelas pembagian tugas dan fungsi perangkat daerah di Kabupaten Banjar.

“Kedepannya kita perlu mengkaji lebih mendalam tertutama terkait beban kerja disetiap bidang sehingga bisa ditentukan kebutuhan SDM” ujar Hanafi.

Senada dengan Sekretaris, H Yanuarsa menambahkan kegiatan  penelitian ini  sebagai langkah evaluasi kelembagaan, dimana diharapkan Kabupaten Banjar dapat meningkatkan kinerjanya secara berkala yang merupakan salah satu bagian dari semangat reformasi manajemen pemerintahan dan percepatan pembangunan.

“Ditahun mendatang penelitian lebih diperluas dan mendetail” ucapnya.

Sementara itu Tim Peneliti memaparkan dari hasil pembagian kuesioner dan berdasarkan hasil analisa data, instansi dengan nlai komposit kategori sangat efektif dan efektif menyampaikan bahwa hasil survey hanya mencerminkan kondisi kompleksitas secara umum dan belum menggambarkan  kompleksitas dan beban kerja secara parsial dan terjadi dilapangan.

Tahapan berikutnya diperlukan kajian yang lebih mendalam terhadap Peraturan Perundang-undangan terkait amanah penyederhanaan SOTK, yakni Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2021 beserta turunannya serta PeraturanBupati Kabupaten BanjarNomor 56 Tahun 2021 tentang SOTK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar. (Bappedalitbang)