BeritaBidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam

PEMKAB BANJAR BERSAMA KEMENTERIAN PERTANIAN GELAR DMSF II PROGRAM YESS 2023

Martapura – Terfokus Klasterisasi, petakan dari Hulu ke Hilir khususnya klaster itik di Kabupaten Banjar. Mewakili Bupati Banjar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah membuka secara resmi Distrik Multi Stakeholder Forum (DMSF) II yang dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan, Siti Hamidah dan Kepala SMKPPN, Budi Santoso di Hotel Aston kecamatan Gambut, Rabu (18/10/2023).

Anggota rapat terdiri dari Dinas lingkup Kabupaten Banjar, UPT Kementan Lingkup Kalsel, BRIPDA, Offtaker, DPM/DPA Kalsel, Perbankan, KADIN, HIPMI, IWAPI, KTNA, HKTI, APJI, Hotel Aston Banua, Pihak Industri Swasta, Financial Advisor, Fasilitator, dan Penerima Manfaat.

DMSF ke II ini khususnya Pemerintah Daerah didorong untuk memperkuat kerjasamanya, dari sektor pertanian menyumbangkan pendapatan tertinggi ke 2, yaitu 18,87 di Kabupaten Banjar sehingga pertanian menjadi lapangan kerja yang menarik dan berdampak menurunkan tingkat kemiskinan, Kata Ikhwansyah. Budi Santoso mengatakan dua kunci utama dalam pelaksanaan Program YESS Kementan. “Pertama Program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari Program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,”

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Siti Hamidah yang menyampaikan materi “Dukungan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap Program YESS”. Pemerintah Kabupaten Banjar memberi dukungan kebijakan atau peraturan yang terkait dengan mendukung partisipasi pemuda. Selain itu semakin tambahnya masyarakat di desa dan pemuda desa yang mendapatkan pelatihan dalam manajemen bisnis serta adanya prospek bisnis bidang pertanian dibandingkan dengan bidang non pertanian.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan, Kencana Wati, mendukung penuh Program YESS. Materi terkait offtaker atau pasar/perusahaan ritel komoditas pertanian atau peternakan seperti itik. Kelembagaan UMKM mampu mendukung pengembangan SDM di bidang pertanian. Informasi pelatihan dan pameran dalam mendukung peningkatan kualitas produk pertanian dan olahan hasil pertanian. Informasi teknis pengurusan perizinan untuk legalisasi produk serta kemasan produk. Optimalisasi peran perkoperasian di sektor pertanian. Melalui Program penumbuhan petani millenial yang dikenal dengan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) terus mewujudkan regenerasi petani serta melahirkan wirausaha milenial di sektor pertanian. Distrik Multi Stakeholder Forum (DMSF) II bertujuan untuk menyampaikan capaian dan evaluasi Program YESS dan informasi rencana kegiatan pelaksanaan tahun 2023 serta untuk saling support, saling menyumbangkan ide, karena program Yess ini untuk masyarakat Banjar.  (Bappedalitbang)