BeritaBidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam

BAPPEDALITBANG HADIRI BUSSINES MATHCING SINERGI PROGRAM TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (TSP) DENGAN PROGRAM PRIORITAS PEMERINTAH KABUPATEN BANJAR

BANJARBARU – Kegiatan Bussines Matching Sinergi Program Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) dengan Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Banjar ini dihadiri Kepala SKPD Teknis dan Stakeholder terkait lingkup Pemkab Banjar dan Para Pimpinan Perusahaan Besar dan Menengah serta para pelaku Usaha UMKM lokal Kabupaten Banjar yang telah memenuhi syarat kriteria produk yang dapat dipasarkan di pasar retail modern. Mewakili Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ikhwansyah dan didampingi oleh Kepala DPMPTSP, Yudi Andrea membuka secara resmi kegiatan ini. Yang dilaksanakan pada hari Rabu (23/11/2023) di  Grand Qin Hotel Jl. A. Yani Km. 36, Banjarbaru. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, menyampaikan materi sosialisasi mengenai Peraturan Bupati Banjar nomor 40 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Tanggungjawab Sosial Perusahaan.

Menghadirkan Narasumber Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappedalitbang Kabupaten Banjar, Dedi Nurmasi., S.IP., M.Si menjelaskan isu strategis dan prioritas daerah. Berikut prioritas daerah Tahun 2024 :

  • Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Inklusif yang mampu mendorong pada pertumbuhan ekonomi makro dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdayasaing;
  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur dan kewilayahan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, pemenuhan pelayanan dasar dan pengelolaan lingkungan hidup;
  • Meningkatkan tata kelola kepemerintahan melalui reformasi dan penyederhanaan birokrasi; dan
  • Penguatan Karakter Agamis Dan Kehidupan Masyarakat Yang Demokratis.

Prioritas daerah tersebut di atas bersinergi dengan 8 (Delapan) pilar Tanggungjawab Sosial Perusahaan, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Pendapatan Rill, Kemandirian Ekonomi, Sosial Budaya, Lingkungan Hidup, Kelembagaan dan Infrastruktur.

Dalam acara ini juga dilaksanakan 9 Penandatanganan Surat Kesepakatan Kemitraan antara Perusahaan dengan Mitra Binaan pelaku UMKM lokal yang ada di Kabupaten Banjar yang disaksikan dan diserahkan langsung oleh Bapak H. Yudi Andrea, S.STP.,MH selaku Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Banjar.

Melalui Bussines Matching Sinergi Program TanggungJawab Sosial Perusahaan (TSP) dengan Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Banjar diharapkan terbangun kolaborasi yang kuat antara sektor swasta, pemerintah, dan masyarakat. Dengan adanya acara ini diharapkan perusahaan yang ada di Kabupaten Banjar mampu semaksimal mungkin memenuhi tanggungjawab sosial perusahaan (TSP/CSR) yang berdampak kepada kemajuan ekonomi, sosial, lingkungan, infrastruktur dan pendidikan untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Banjar. (Bappedalitbang)