BeritaBidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi

KABUPATEN BANJAR AJAK SEMUA STAKEHOLDER UNTUK TERLIBAT DALAM SDGs

Banjarbaru – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) tujuan pembangunan berkelanjutan Kabupaten  Banjar Tahun 2022-2026 Program/ Kegiatan Non Pemerintah sekaligus Koordinasi Forum TSP/CSR Kab Banjar Tahun 2023 bertempat di Hotel Roditha Banjarbaru pada rabu (13/12/2023) pagi. Dalam kesempatan ini BappedaLitbang Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Fakultas Teknik.

Kegiatan dipimpin oleh Kabid Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Mujahid, SE., ME. dan didampingi oleh Kasubbid Pengendalian Evaluasi Gusti Rizki Azhari, SE. Dalam kesempatan tersebut Kabid PPE menyampaikan terkait  Sustainable Development Goals atau SDGs yang merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat yang mencakup 17 tujuan dan sasaran global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun negara berkembang. “Forum ini merupakan langkah awal dalam melaksanakan SDGs dan mengajak semua stakeholder untuk terlibat dalam SDGs, memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan.” Ungkap Kabid PPE tersebut.

Fakultas Teknik ULM yang diwakili oleh Andi juga menyampaikan beberapa poin tekait SDGs tersebut. “Secara global SDGs mengacu kepada RPJMN untuk mencapai Indonesia emas. SDGs mulai dilaksanakan dimasa akhir RPJPD tahun 2005-2025. Secara kewenangan SDGs dibagi kedalam beberapa kewenangan sesuai dengan target indikator masing-masing, dan setiap stakeholder bisa berkontribusi terhadap masing-masing tujuan berkelanjutan.

Juga hadir dalam acara tersebut Kabid Perekonomian Bappedalitbang Dedi menyampaikan terkait Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP), harapannya setelah FGD ini dapat mensosialisasikan kepada perusahaan/pelaku usaha lainnya terkait CSR dan SDGs Program Kegiatan Non Pemerintah ini. Forum CSR di Kabupaten Banjar diketuai oleh PTAM Intan Banjar dan diwakili oleh Bank Kalsel dengan dasar SK Bupati Nomor 188.45/497/kum/2023 tentang pembentukan forum komunikasi tanggung jawab sosial perusahaan Kabupaten Banjar periode 2024-2029.” Ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pelaku usaha / bisnis atau non pemerintahan yang ada di Kabupaten Banjar serta Tim Bappedalitbang Kab Banjar. (Bappedalitbang)